Perjalanan Singkat ke Kebun Teh Gunung Mas Bogor


Sebagai warga pendatang di Jabodetabek tentu gue kepo dengan tempat-tempat menarik disini. Karena gue udah mulai jatuh cinta dengan KRL gue liat-liat rute yang dilayani KRL, ternyata KRL nyampe ke Bogor. Gue pun tertarik buat pergi ke Bogor Gue cari tempat-tempat wisata yang menarik di bogor dan akhirnya gue menjatuhkan pilihan ke Kebun Teh Agrowisata Gunung Mas Bogor. Kemudian gue searching sana-sini buat nyari tau transportasi kesana, ternyata tempatnya cukup mudah diakses dan akhirnya gue memutuskan untuk pergi kesana hari sabtu.

Kebun Teh Agrowisata Gunung Mas Puncak Bogor, wisata puncak, puncak, kebun teh, kebun teh bogor, bogor, gunung mas, gunung mas puncak, wisata murah, explore bogor

Pagi-pagi sekitar pukul 8 gue berangkat dari stasiun Pondok ranji menuju stasiun Bogor. Perjalanan dari pondok ranji menuju bogor memakan waktu 2 jam dan sampai di stasiun bogor pukul 10.00. Lalu gue jalan dikit keluar stasiun dan nemu angkot 03 menuju terminal Baranangsiang. Setelah sampai di terminal Baranangsiang gue pun lanjut lagi naik angkot (gue lupa nomornya) buat lanjut ke Sukasari. Di angkot gue nanya ke supirnya naik angkot apa buat ke Gunung Mas. Setelah sampai di Sukasari saya pun turun dan menaiki angkot yang disarankan supir yaitu angkot biru dengan tulisan Cisarua di angkotnya.

Sayangnya di tengah jalan ternyata ada penutupan jalan menuju puncak. Jadilah supir mengambil jalan alternatif untuk ke Cisarua. Kami melewati jalan-jalan kecil dan pedesaan. Kemudian setelah nyampe Cisarua pak supir bilang kalo Gunung Masnya dah lewat dan harus naik ojek buat kesana, karena masih penutupan jalan. Hadehh nambah uang keluar lagi nih. Dia juga bantu buat men-stop kan ojek didekat tempat berhenti kami. Kemudian gue nanya ongkosnya berapa dan dia minta 30 ribu. Diluar perkiraan, mahal juga ternyata. Ya akhirnya gue kasih deh 30 ribu sama supirnya. Gue pun naik ojek yang udah di stop sama supirnya. Sebelum naik gue nanya berapa ongkos buat ke gunung masnya dan dia mematok harga 30 ribu. Gue pun nawar minta 20 ribu tapi kang ojeknya ga mau akhirnya deal dengan harga 25 ribu. 

Gue pun diantar sampe depan pintu utama kebun teh itu, lalu gue ke pos buat nanya harga tiket. Mas penjaganya bilang 15 ribu. Segeralah gue merogoh kantong buat ngambil uang. Kemudian segerombolan kereta yang mau kedalam kebun teh juga datang dan melewati pintu itu, penjaga tadi pun datang ke segerombolan itu buat dimintai bayaran. Pas gue mau ke arah penjaganya buat bayar eh penjaganya malah buat isyarat semacam kaya nyuruh masuk aja. Okelah jadilah gue masuk ke kebun teh itu tanpa bayar alias gratis hehehe.. mungkin dia kasian liat gue jalan sendirian. Jalan masuk ke kebun tehnya dari pintu masuk jauh juga dan menanjak, tapi semua terbayar indah dengan pemandangan cantik kebun teh.

Kebun Teh Agrowisata Gunung Mas Puncak Bogor, wisata puncak, puncak, kebun teh, kebun teh bogor, bogor, gunung mas, gunung mas puncak, wisata murah, explore bogor
Penampakan Kebun Teh nya



Kebun Teh Agrowisata Gunung Mas Puncak Bogor, wisata puncak, puncak, kebun teh, kebun teh bogor, bogor, gunung mas, gunung mas puncak, wisata murah, explore bogor
Penginapan di sekitar kebun teh

Kebun Teh Agrowisata Gunung Mas Puncak Bogor, wisata puncak, puncak, kebun teh, kebun teh bogor, bogor, gunung mas, gunung mas puncak, wisata murah, explore bogor
Ada flying fox nya

Kebun Teh Agrowisata Gunung Mas Puncak Bogor, wisata puncak, puncak, kebun teh, kebun teh bogor, bogor, gunung mas, gunung mas puncak, wisata murah, explore bogor
ada kuda yang bisa disewakan

Kebun Teh Agrowisata Gunung Mas Puncak Bogor, wisata puncak, puncak, kebun teh, kebun teh bogor, bogor, gunung mas, gunung mas puncak, wisata murah, explore bogor
daun teh


Kebun Teh Agrowisata Gunung Mas Puncak Bogor, wisata puncak, puncak, kebun teh, kebun teh bogor, bogor, gunung mas, gunung mas puncak, wisata murah, explore bogor
Pegunungan yang jadi background kebun teh
Setelah kurang lebih 2 jam di kebun the gue pun pulang mengingat puncak sering macet sore hari jadi gue takut kena macet dan kelamaan pulang. Gue pulang naik angkot yang warna biru tadi dan sampe di sukasari hampir maghrib. Dan ternyata ongkosnya Cuma 15 ribu. Setengah harga dari ongkos angkot pas mau pergi tadi. Hfft. Di tempat gue turun cukup banyak angkot berjejer dan gue nanya angkot ke stasiun bogor. Ternyata ada angkot yang langsung ke stasiun bogor tanpa harus transit di terminal Baranangsiang (yaa walaupun gue turunnya di smp 1 depan kebun raya, mesti harus jalan lagi ke stasiun, tapi ga jauh sih).

Kalo dipikir-pikir sih perjalanan kali ini lebih banyak dihabiskan di jalanan daripada di tempat wisatanya sendiri. Ahhh yang penting sudah sampe di kebun teh nya.

Biaya yang gue keluarin buat ke kebun the ini:
Krl pondok ranji-bogor PP = 12000
Angkot ke Terminal Baranangsiang = 4000
Angkot dari terminal ke Sukasari = 5000
Angkot dari Sukasari ke Cisarua = 30000
Angkot dari Cisarua ke sukasari = 15000
Angkot dari Sukasari ke terminal = 5000

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Weekend ke Waduk Jatiluhur Purwakarta

Iseng ke Rangkasbitung