Weekend ke Waduk Jatiluhur Purwakarta


Setelah gue melakukan perjalanan ke kebun teh bogor (bisa baca postingannya disini) gue pun berencana buat ketempat lain, dan maunya sih di luar jabodetabek. Gue coba googling buat nemui kota-kota yang dekat dari Jabodetabek buat one-day trip. Gue nemu 2 kota, Sukabumi dan Purwakarta. Setelah gue bandingkan ongkos buat kedua kota itu akhirnya gue milih purwakarta jadi destinasiku dan aku tertarik dengan waduk Jatiluhur. Waduk terbesar di Indonesia. Selama ini gue cuma tau waduk itu dari buku pelajaran sekolah, sekarang saatnya gue ngeliat gimana waduk itu aslinya.

Weekend ke Waduk Jatiluhur Purwakarta, Waduk Jatiluhur, Weekend ke purwakarta, purwakarta

Gue berangkat dari stasiun pondok ranji sekitar jam 7 kurang. Sampe di Manggarai gue nunggu krl ke Cikarang. Karena kelamaan gue naik aja krl ke Bekasi.. sampe di Bekasi gue nunggu kereta ke Cikarang. Akhirnya keretanya dating juga, gitu sampe cikarang gue langsung nyari dimana loket buat mesan tiket kereta ke purwakarta. Ternyata tempatnya dibawah.. gue pesan deh tiketnya, harganya murah Cuma 6000. Kereta yang harusnya datang jam 11 telat dan akhirnya tiba sekitar pukul 11.20. Gue pun naik kereta dan ga nyangka dalemnya rame banget. Gue kira bakalan sepi. Jadilah akhirnya gue berdiri di koridor di antara bangku2. Perjalanan dari stasiun cikarang sampe stasiun Purwakarta makan waktu hampir lebih 1 setengah jam. 

Weekend ke Waduk Jatiluhur Purwakarta, Waduk Jatiluhur, Weekend ke purwakarta, purwakarta
Stasiun Purwakarta

Dan tibalah gue di stasiun Purwakarta. Di stasiun ini banyak sekali gerbong-gerbong kereta yang udah ga kepake dan diletakkan disini. Semacam kuburan kereta. Sayangnya ga diperbolehkan buat mendekati gerbong itu. Gue pun menyempatkan buat mengambil foto “kuburan” tersebut dari peron tempat gue turun. Ada juga patung di depan stasiun Purwakarta, biasanya dijadiin spot foto sama penumpang-penumpang yang berada di stasiun.

Weekend ke Waduk Jatiluhur Purwakarta, Waduk Jatiluhur, Weekend ke purwakarta, purwakarta
"Kuburan" Kereta


Setelah sampe di stasiun Purwakarta gue lanjut naik angkot 03 ke terminal Ciganea.  Gue Tanya ke supirnya angkot untuk ke waduk Jatiluhur dan akhirnya supir menurunkan gue di pertigaan sebelum terminal ciganea dan naik angkot nomor 11. Angkotnya sepi, Cuma gue penumpangnya. Kalo naik angkot ke Waduk Jatiluhur kita bakal diantar sampe masuk gerbang dan harga masuknya gratis kita Cuma bayar angkotnya aja. Sampe di sana supir nanya ke gue mau turun dimana dan gue bingung jawabnya wkwk karena baru pertama kali kesini.. gue bilang ke danaunya aja sama masnya. 

Akhirnya gue diturunkan tepat di pinggir waduknya dan gue nanya berapa ongkosnya ke supirnya. ’15 ribu aja mas, tapi kalau bisa 20 ribu lah, kan udah dianterin sampe sini’.. mendengar ini gue langsung meringis mahal banget ongkosnya.. kebetulan gue juga gapunya 5 ribuan jadi gue kasih aja 20 ribu sama supirnya. Setelah itu gue turun deh buat lebih dekat ke danaunya karena danaunya agak jauh ke bawah. 

Weekend ke Waduk Jatiluhur Purwakarta, Waduk Jatiluhur, Weekend ke purwakarta, purwakarta
Waduk Jatiluhur

Weekend ke Waduk Jatiluhur Purwakarta, Waduk Jatiluhur, Weekend ke purwakarta, purwakarta
Pinggiran danau

Jadi sebenernya waduk ini dinamakan waduk Ir. H. Juanda untuk mengenang jasanya dalam memperjuangkan pembiayaan pembangunan Waduk Jatiluhur. Pembangunan waduk ini dilakukan dengan membendung Sungai Citarum dengan luas daerah aliran sungai seluas 4.500 km2. Bendungan ini dibangun sejak era Presiden RI pertama Ir Soekarno mulai tahun 1957 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 26 Agustus 1967. Dana yang dikeluarkan buat pembangunan waduk ini US$ 230 juta. Gede juga yah.

Weekend ke Waduk Jatiluhur Purwakarta, Waduk Jatiluhur, Weekend ke purwakarta, purwakarta
Banyak batu besar di sekitar danau ini

Waduk Jatiluhur ini cukup ramai dikunjungi ketika weekend. Gue juga berpapasan dengan rombongan anak sekolah yang lagi rekreasi di waduk ini. Di dalam waduk ini juga banyak terdapat rumah makan, dan makanan yang terkenal yaitu sate maranggi, berhubung waktu gue juga ga banyak gue ga sempat buat mencicipi sate khas Purwakarta ini.

Weekend ke Waduk Jatiluhur Purwakarta, Waduk Jatiluhur, Weekend ke purwakarta, purwakarta
Mobil siapa ini?

Sebaiknya juga jangan terlalu dekat dengan pinggir danau, karena tanahnya yang ga padat. gue sempat nyoba buat ke pinggir danau buat ngambil foto, dan apesnya kaki gue masuk kedalam lumpur! Kaki gue gabisa di angkat, mana bapak bapak yang ada di perahu pada ngeliatin doang kagak mau nolongin. Hadeh. Alhasil dengan usaha sekuat tenaga kaki gue berhasil dikeluarin dari lumpur. Dari ujung kaki sampe lutut semuanya berlumpur. Bapak-bapak yang ngeliatin tadi menyarankan gue buat bersihin kaki di pinggiran waduk, dan gue pun bersihin kaki di pinggir waduk itu.

Weekend ke Waduk Jatiluhur Purwakarta, Waduk Jatiluhur, Weekend ke purwakarta, purwakarta
Kapal di pinggiran waduk. Di sekitar sini juga gue terjebak lumpur

Setelah puas melihat waduk jatiluhur akhirnya pun gue putuskan buat pulang balik ke kosan. Gue naik angkot 11 lagi kebetulan lewat, kali ini penumpangnya lumayan banyak. Karena jadwal terakhir kereta ke cikarang jam 3 tadi jadi gue memutuskan buat pulang naik bus sampe ke Bekasi. Jadi gue turun di terminal Ciganea. Akhirnya gue sampe terminal Ciganea dan bayar ongkos. Dan ongkosnya berapa ?? Cuma 8 ribu guys.. rugi banyak gue pas mau pergi tadi. 

Setelah kesal karena hal yang tadi akhirnya gue nunggu Bus yang berangkat ke Bekasi. Dan bus pun datang, gue naik Bus Primajasa jurusan Bandung Bekasi via Purwakarta. Busnya ekonomi jadi ga pake ac. Tapi dalemnya bagus kok. Ongkos ke Bekasi Cuma 12 ribu, ini termasuk murah sih. Gue pun sampe di terminal Bekasi. Setelah nanya sana sini gue pun naik angkot warna biru dan turun di stasiun bekasi dan pulang ke pondok ranji naik krl. Pukul 23.00 akhirnya sampe di kosan juga.

Jadi biaya yang gue keluarkan untuk ke waduk Jatiluhur:
Krl pp Pondok Ranji-Cikarang = 14000
Kereta Walahar Express = 6000
Angkot dari stasiun purwakarta ke terminal Ciganea = 5000
Angkot dari Ciganea ke Waduk Jatiluhur = 20000
Angkot dari Waduk Jatiluhur ke Terminal Ciganea = 8000
Bus Purwakarta – Bekasi = 12000
Angkot ke Stasiun Bekasi = 5000

Komentar

  1. Destinasi bagus dan layak untuk dikunjungi .. luar biasa pengalamannya
    Makasi ya

    KerenπŸ‘πŸ‘πŸ‘
    Boleh kasi saran dikit nggak , bagusnya pake "Aku" sebagai pengganti penulisnya, lebih relevan sich dan tambah point juga utk tulisannya yg bagus

    BalasHapus
  2. Keren ya, kayanya wajib dikunjungi tuh gan

    BalasHapus
  3. Banyak perubahan purwakarta.. dah lama g kesnaa

    BalasHapus
  4. ane orang purwakarta gan,, tepatnya deket perbatasan purwakarta bandung,, mampir di mari gan https://kucluk27.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Terakhir kesana kelas 6 SD acara perpisahan kelas (jaman Patih Gajahmada mengucap sumpah palapa) πŸ˜‚πŸ˜€ , sekarang liat foto2 teman disana.. view & sunsetnya ok banget..

    BalasHapus
  6. Aku juga dari pondok ranji ka, niat mau kesana tapi masih takut angkotnya bakalan muncul atau udh ngga ada

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Singkat ke Kebun Teh Gunung Mas Bogor

Iseng ke Rangkasbitung